Visi,
Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi
PENCAPAIAN
1.1
Visi,
Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi
Pencapaian
1.1.1 Jelaskan
mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta
pihak-pihak yang dilibatkan.
Visi, misi, tujuan dan
sasaran serta strategi pencapaian disusun berdasarkan visi, misi Universitas dan Fakultas yang
dilakukan dengan pertimbangan stake holder serta masukan dari pengurus
AIPNI serta institusi yang dijadikan benchmarking.
Visi, misi dijadikan dasar dalam menerapkan setiap penyusunan kegiatan, dokumen
serta rencana kerja.
1.1.2 Visi
Mengembangkan
pendidikan keperawatan yang bermutu untuk menghasilkan sumber daya manusia
profesional yang mampu bersaing di era globalisasi pada tahun 2015.
Menghasilkan institusi pendidikan
keperawatan yang bermutu
1.1.3 Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan berbasis
kompetensi untuk menghasilkan tenaga keperawatan yang profesional khususnya keperawatan pariwisata dan kegawatdaruratan.
2. Menghasilkan tenaga keperawatan yang mampu bekerjasama
dalam tim dengan profesi lain terkait baik nasional maupun internasional.
3. Melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan mutu
keperawatan.
4. Menerapkan perkembangan IPTEK keperawatan dan atau
kedokteran.
5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
1.1.4 Tujuan
1. Menghasilkan tenaga profesional yang memiliki
pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam bidang keperawatan sehingga lulusan
PSIK-FK UNUD mampu bersaing ditingkat regional dan Internasional.Menghasilkan
tenaga keperawatan yang memiliki kompetensi keperawatan pariwisata dan keperawatan gawat
darurat.
2. Mengembangkan pendidikan keperawatan yang mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan dan atau kedokteran yang
tepat guna.
3. Meningkatkan dan mengembangkan penelitian berbagai aspek
keperawatan.
4. Mengembangkan kemampuan perawat sebagai sumber informasi
dan inovasi untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat dalam bidang kesehatan.
1.1.5 Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran
:
1. Meningkatnya
mutu pendidikan dengan meningkatkan kemampuan SDM, meningkatkan kualitas dan
relevansi kurikulum dan PBM serta
dukungan sarana pendidikan yang memadai;
2. Meningkatnya
peran PSIK dalam pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan;
3. Meningkatnya
efektifitas dan efisiensi pengelolaan dan kepemimpinan yang berorientasi kepada
pelayanan yang bermutu, profesional, dan demokratis;
4. Meningkatnya produktivitas unit-unit
fungsional yang berdaya saing global.
Strategi
Pencapaian :
1.
Membangun dan mengembangkan kerjasama dengan
berbagai instan baik negeri maupun swasta untuk meningkatkan proses belajar
mengajar, praktek klinik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, seminar ilmiah
pada tahun 2011
2.
Penyelenggaraan pendidikan keperawatan dengan
meningkatkan dan mengembangkan hardware,
software serta humanware untuk menunjang pembelajaran yang berbasis Sistem
Manajemen Perguruan Tinggi dan Sistem Pembelajaran Berbasis Kompetensi melalui Teknologi
Informasi dan Komunikasi pada tahun 2012
3.
Lulusan Sarjana Keperawatan yang memiliki kemampuan
akademik dan kemampuan professional dalam mengelola program pelayanan
keperawatan, pendidik dan peneliti dibidang keperawatan serta pengembang ilmu
pengetahuan dan teknologi di bidang keperawatan berdasarkan hasil kajian-kajian
ilmiah pada tahun 2012
4.
Lulusan Sarjana Keperawatan yang memiliki kemampuan
berbahasa asing serta sikap interpreneurship
pada tahun 2013
1.2 Sosialisasi
Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan
program studi
serta pemahaman sivitas akademika (dosen
dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.
Sosialisasi visi,
misi, tujuan program studi selalu dilakukan oleh pimpinan kepada mahasiswa,
dosen dan tenaga kependidikan serta pegawai pada setiap kesempatan, seperti
rapat dan pertemuan-pertemuan lain. Sosialisasi kepada mahasiwa baru dilakukan
pada saat pertamakali mahasiswa mengikuti pengenalan kehidupan kampus seperti
pada acara student day tingkat prodi.
Selain itu sosialisasi juga melalui buku panduan akademik, media mahasiswa
serta memasang pada tempat strategis, seperti di loby, ruang kuliah dan
tempat-tempat yang memungkinkan. Kegiatan dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan sehingga semua sivitas akademika dan tenaga kependidikan bisa
memahami secara baik.
No comments:
Post a Comment